Kamis, 09 Januari 2014

Cara memilih RAM komputer yang baik

RAM itu sangat pentig bagi kelangsungan hidup komputer. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara yang akan diakses secara acak oleh prosesor/CPU, sehingga dinamakan Random Access Memori karena diakses secara acak oleh prosesor yang kita gunakan.

 Cara untuk memilih memori (RAM) komputer yang baik itu adalah sebagai berikut:  

1.     Sesuaikan dengan mainboard yang digunakan dengan chipset.
Semua jenis RAM dapat dibedakan dengan jenis RAM yaitu terletak pada pin RAM dan mainboard yang memiliki lekukkan letaknya berbeda, frekuensinya, timming yang beda dan voltage yang berbeda pula.
    Chipset bisa juga membatasi pemakaian RAM seperti pada chipset milikperusahaan intel corp. dan hindari pula memilih mem ori dengan chip aneh alias anda tidak tahu siapa pembuatnya, ini penting karena beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian dan hindari pula membeli memori tray alias tidak daalm kemasan meski dilabel beberapa merek ternama jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini.
2.     Perhatikan nilai CAS latency pada memori modul yang akan dipasang ,semakin kecil nilainya maka semakin cepat data yang disalurkan.
3.     Jika anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu lama, pada umumnya memori (RAM) jenis ini lebih mahal ketimbang memori standar.
4.     Jangan terjebaj pada FSB atau throughput memori.
Pada dasarnya kinerja RAM adalah sama, yang membedakan antar RAM adalah chip yang digunakan. Jadi perhatikan betul-betul dalam memilih chipset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar