Rabu, 08 Januari 2014

KABEL UTP





Kabel UTP merupakan salah satu media tranmisi yang banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local, selain karena harganya relative murah, mudah dipasang  dan cukup bisa diandalakn.Sesuai namanya unshielded twisted pair berarti kabel pasangan berlilin/terbelit tanpa pelindung.Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran.Kabel UTP dibagi menjadi dua macam yaitu:



1.kabel straight.
Merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.Kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua device yang sama.





2.Kabel cross over.


Merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Kabel cross over digunakan untuk menghubungkan dua device yang sama.
·        Perbedaan kabel straight dan kabel cross over.
Kabel straight digunakan untuk pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun hub sebaliknya. Kabel ini biasanya digunakan untuk kabel yang berstandar EIA/TIA 568A atau 568B pada kedua ujung kabel sama. Sedangkan kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer lain, kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua computer atau hub ke hub.
Sharing data
Sharing data bertujuan untuk berbagi akses kepada user lain pada suatu folder yang anda inginkan dan bisa juga memberikan akses kepada semua orang yang ada pada jaringan atau network.
Keuntungan sharing data
·        Mengurangi biaya aplikasi usaha pengumpulan data.
·        Aman menjaga data dalam lingkungan yang aman.
·        Back-up data.
 Kelemahan sharing data 
Kemudahan sharing filejaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu.Seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca oleh orang lain.pusat data memiliki infrastruktur terpusat dan in_house semua aspek keahlian dalam menelan data, kurasi ,persiapan dokumentasi,penyimpanan penyebaran ,dukungan pengguna dan promosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar