Minggu, 12 Januari 2014

Perbedaan komputer server dan komputer biasa




Seringkali kita mendengar tentang istilah server dan personal komputer alias komputer , tetapi seringkali pula kita tidak mengetahui apa sih sebenarnya server itu atau apa sih perbedaan server dan komputer. Nah , kali ini kita akan membahas tentang perbedaan komputer server dan dan komputer biasa.
1.     Beda server dan PC
Personal komputer atau komputer pribadi merupakan komputer yang murah dan dibuat atau diproduksi secara banyak. Sedang, server merupakan komputer yang bertugas sebagai pusat controlling akses data dalam sebuah jaringan (server –client) misalnya LAN, W-LAN dan lain-lain. Server bisa mengontrol semua akses PC client. Kesimpulannya, bahwa pada dasarnya server dan PC merupakan sama-sama sebuah komputer hanya saja fungsi, fitur, dan spesifikasi hardware yang berbeda.
2.     Spesifikasi hardware untuk server.
Spesifikasi hardware yang perlu diperhatikan untuk server meliputi mainboard, jenis dan kecepatan prosesor, kapasitas RAM, kapasitas harddisk, kartu grafis (VGA), dan resolusi monitor.
3.     Beda system operasi server dan PC.
System operasi jaringan atau system operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer mirip dengan system operasi komputer stand alone (PC) bedanya hanya pada system operasi jaringan.
4.     Fitur yang terdapat disistem operasi server yang tidak ada di PC.
Sebuah sistem operasi pada server merupakan perangkat lunak yang mengendalikan jaringan dan pesan mengontrol akses oleh beberapa pengguna untuk jaringan sumber daya file , dan untuk menyediakan fungsi-fungsi administrativetertentu, termasuk keamanan.
Perbedaan antara komputer biasa dengan server.
1.komputer server terdapat banyak slot untuk menyimpan harddisk kalau komputer biasa Cuma hanya satu slot saja. Untuk slot harddisk server terdapat maximal empat slot.
2.untuk kipas didalam server dapat dilepas tanpa mematikan komputer server, kalau komputer biasa kipas dapat diambil jika posisi off.
3.untuk membuka bagian dalam server memiliki kunci untuk membuka casingnya. Kalau komputer biasa membaca cover tnpa kunci.
4. untuk server lebih aman membuka cover atau menambah apapun didalam server tanpa mematikan power posisi ON.
 
Selain perbedaan diatas komputer dan server juga memiliki perbedaan pada CPU, yaitu CPU server komputer yang bertugas sebagai pusat dan controlling akses data dalam sebuah jaringan (server-client). CPU server komputer yang melayani tukar-menukar informasi dari beberapa komputer disebut client. Server bisa dianalogikan dengan terminal atau perpustakaan. Sekian , nantikan posting terbaru dari kami :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar