Jumat, 10 Januari 2014

KELEBIHAN dan KELEMAHAN USB

 USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. Dari namanya ada kemiripan antara USB dengan serial port. Seperti halnya port serial transfer data USB dilakukan secara serial. Namun dari sisi kecepatan USB lebih unggul dari serial port bahkan dari parallel port. Kecepatan adalah salah satu dari beberapa kelebihan USB.

1.     Kecepatan yang lebih tinggi
Tidak seperti serial port dan paralel port dimana data ditransfer bit per bit, data dalam USB dipotong-potong dalam paket-paket dengan ukuran 64 byte.

2.     Fleksibel dalam penggunaan
Sebuah bus USB dapat dikoneksikan dengan sejumlah USB devais, baik langsung melalui port USB pada CPU atau melaui alat yang disebut hub USB. Hub USB adalah devais USB yang memiliki sejumlah USB port berfungsi untuk meningkatkan jumlah devais USB yang akan dihubungkan.

Kelebihan lain dari port USB adalah devais USB dapat dikoneksikan langsung pada saat computer sedang berjalan tanpa perlu me_restart ulang computer.

3.     Diterima pasar secara luas
Banyaknya jumlah devais USB, menunjukkan banyaknya produsen alat-alat computer dan elektronika yang menerima USB sebagai standar koneksi ke computer. Beberapa USB devais seperti hub USB dan infrared USB dengan harga murah ternyata tidak dapat digunakan dengan baik.

Kelemahan pada USB diantaranya adalah panjang kabel USB maksimal hanya 15 kaki (4,5 meter). Penggunaan handycam atau webcam yang terhubung ke computer tidak bisa jauh dari komputernya, modem yang menggunakan USB untuk terhubung ke computer juga tidak bisa jauh dari USB, padahal dengan kabel UTO/p, jaraknya bisa ratusan meter.

Macam-macam USB Devais
Dengan 4 hingga 6 buah port USB, terkadang jumlah tersebut telah dirasa kurang, hal ini disebabkan karena semakin banyak jenis devais USB (alat yang menggunakan USB port sebagai media antarmuka dengan computer). Tanpa keberadaan USB mungkin bentuk mp3 player tidak sesederhana bentuknya saat ini.
Berikut adalah sejumlah alat yang merupakan USB devais :

1.     Flash Disk
   Flashdisk adalah USB devais yang paling popular, keberadaannya menggantikan peran disket sebagai penyimpan data pribadi. Kapasitasnya cukup besar dan semakin hari harganya makin murah.
2.     MP3 Player
Mp3  player selain berfungsi sebagai mesin untuk mendengarkan file mp3, sekaligus dapat digunakan sebagai media penyimpan seperti flashdisk.
3.     Hard disk eksternal
Harddisk eksternal berfungsi sebagai media pentimpan dengan kapasitas yang besar.
4.     Kamera Digital
Kamera digital menyimpan data hasil foto ke dalam file digital. umumnya kamera digital juga telah dilengkapi dengan konektor USB.
5.     IPAD Nano
Ipad Nano pada dasarnya adalah sebuah mp3 player dengan sejumlah kelebihan seperti kualitas suara yang dihasilkannya sangat baik.
6.     Mouse dan Keyboard USB
Mouse dan ketboard saat ini juga telah banyak yang menggunakan USB sebagai port interface ke computer.
7.     Hub USB
Hub USB adalah alat yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah USB devais yang dapat dikoneksikan ke computer dengan cara menyediakan port USB tambahan.
8.     Selain alat-alat di atas masih banyak lagi yang dapat dianggap sebagai USB devais. Printer dan scanner saat ini banyak yang telah beralih menggunakan port USB sebagai media koneksi ke computer.
       
USB
Kabel USB akan terlihat ada 4 warna, yaitu merah, cokelat, kuning, dan biru. Kabel berwarna merah dan cokelat berfungsi sebagai power atau untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi untuk membawa / mentransfer data.

1.     Keunggulan USB
·        Pengoperasiannya mudah
·        Tahan terhadap derau dan distorsi
·        Bersifat plug & play
·        Transfer data lebih cepat daripada port parallel maupun serial
·        Semakin banyaknya peralatan elektronik yang menggunakan port USB
2.     Cara kerja USB
·        Input yaitu peralatan yang menggunakan USB
·        Interface yaitu port antarmuka yang menghubungkan USB
·        Chipset southbridge adalah l/O pengendali yang mengatur kecepatan transfer interface USB, firewire, dll
·        Output berupa keluaran dari hasil pemroresan
·        Computer bisa diposisikan menjadi sebuah host
·        Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke computer secara langsung maupun menggunakan hub USB
·        Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa mencapai 30 meter
·        Perangkat USB bersifat “hot swappable” artinya perangkat keras yang sudah menggunakan port USB bersifat plug and play

1 komentar:

  1. min ,kalo USB sendiri bisa kah di konvert, semisal dari serial rs232 ke USB mini gitu?

    BalasHapus