Rabu, 08 Januari 2014

PENGERTIAN BLOG

Blog adalah singkatan dari web-log  ialah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
Media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya Pyralab di akuisisi oleh  Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu.
Fungsi Blog yaitu sebagi catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye ploitik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Situs-situs web yang saling berkaitan web blog sering di sebut sebagai blogosphere.

Komunitas Blogger
Komunitas Blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi.

Jenis-jenis Blog
Blog Politik: Tentang  beri,politik,aktivis,dan semua persoalan berbasis blog
Blog Pribadi: Di sebut juga buku haruan online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang
Blog Bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu dan focus pada bahasan tertentu.
Blog Kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan.
Blog Media: Berfokus pada bahasan berbagai informasi.
Blog Agama: Membahas tentang agama.
Blog Pendidikan: Biasanya  ditulis pelajar atau guru
Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bias ditemukan di internet dan masih bisa berkembang lagi.
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan.kemudian muncullah istilah blogger professional atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.

Resiko Kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menukis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan panulisnya tentang berbagai macam topic yang terjadi dan untuk berbagai informasi. Banyak berkas-berkasrahasia dan penukisan isu sensitif  ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar