Kamis, 09 Januari 2014

KABEL LAN



Kabel LAN merupakan media transmisi Ethernet yang menghubungkan piranti piranti jaringan dalam jaringan computer anda. Desain kabel jaringan yang bagus , merupakan unsure pendukung yang membuat jaringan komputer  LAN anda nantinya mudah dipelihara dan bisa diandaikan . kabel LAN sangat bermanfaat dalam realitas jaringan. Berikut ini adalah jenis jenis kabel LAN yang umumnya dipakai dijaringan LAN .

Kabel LAN coaxcial
Kabel LAN coaxcial digunakan pada Ethernet 10base 2 dan 10base5 beberapa tahun lalu. 10base2 mengacu pada thinnet sementara 10base5 mengacu pada thicknet sebab 10base5 mengunakan kabel coaxcial yang lebih tebal.
Kabel LAN mana yang bisa membentang sampai 500m dalam suatu segmen. Kabel coaxial ini mahal, dan maksimum hanya sampai kecepatan 10 mbes saja. Karena kabel coaxial saat ini sudah tidak popular lagi.
      
     
    UTP (unshielded twisted pair) dan STP (shieieded twisted pair)
   Ada dua kabel dengan menggunakan kawat tembaga ini yaitu STP dan UTP. Akan tetapi pada saat ini lebih popular adalah kabel LAN UTP.
Kabel LAN UTP adalah yang paling popular yang terdiri dari 4 pasang kabel yang saling melilit dengan menggunakan kode warna khusus yang standard dan di isolasi dengan plastic. Grade dari UTP kabel ditentukan oleh banyaknya puntiran per inchi.
Kabel STP sama juga dengan kabel UTP, hanya saja kawat pada kabel STP lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi.

3    Fiber Optic
    
Kecepatan yang dapat dijangkau oleh fiber optic sampai 10 giga bits.





       Ada 2 macam kabel LAN dalam piranti optic ini :
  •   Multimode (MM), menggunakan ukuran diameter fiber optic yang lebih luas.
  •  Single mode (SM), menggunakan diameter fiber optic yang sangat kecil. Jenis SM ini sangat mahal dikarenakan proses fabrikasinya lebih presisi. Kabel op[tic ini bisa mencapai jauh lebih panjang daripada jenis optic MM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar